IMPLEMENTASI
PROGRAM SEDERHANA
A.
Penggunaan Kontrol Label,
Text Box dan Option Button
Kasus :
pada form diinginkan ada pengisian nama seseorang, lalu penentuan status
perkawinan. Jika yang dipilih adalah status perkawinan adalah Kawin, maka pada
bagian keterangan akan ditampilkan informasi TIDAK ADA LOWONGAN. Sedangkan jika
yang dipilihan adalah status perkawinan adalah Tdk Kawin maka pada bagian
keterangan akan ditampilkan informasi ADA LOWONGAN.
Untuk
keperluan tersebut rancanglah form yang terdiri dari 3 kontrol label, 2 kontrol
option dan 2 kontrol text box. Aturlah properti yang sesuai.
Ø Untuk form yang perlu
diatur adalah properties Name dan Caption
Ø Untuk Label cukup
mengatur pada properties Caption
Ø Untuk Option cukup
mengatur pada properties Caption
Ø Untuk text box cukup
mengatur pada properties Text (dihapus)
Perlu
diperhatikan bahwa ketetapan didasarkan pada pilihan status perkawinan, maka
untuk kode program akan ditulis pada event option (status perkawinan). Karena
bersifat pengujian, maka fungsi yang digunakan adalah fungsi IF.. THEN..END IF.
![]() |
Gambar 4.1 : Rancangan
Form Contoh 1
Setelah
rancangan di atas selesai, maka saatnya untuk menulis kode program.
Klik
dua kali pada Option1 lalu tulis kode sebagai berikut :
If Option1.Value = True Then
Text2.Text = "Tidak Ada Lowongan"
Else
Text2.Text = " "
End If
Klik dua
kali pada Option2 atau ganti saja pada pilihan Object di editor kode program
dan tulis kode sebagai berikut :
If Option2.Value = True Then
Text2.Text = "Ada Lowongan"
Else
Text2.Text = " "
End If
Selengkapnya
kode program dapat dilihat pada editor kode program sbb :
![]() |
Gambar
4.2 : Kode Program Form Contoh 1
Saat
program dijalankan, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
![]() |
|||
![]() |
Gambar
4.3 : Saat Program Contoh 1 Dijalankan
B.
Penggunaan kontrol
label, text box dan combo box
Kasus :
pada form diinginkan ada pengisian nama seseorang, lalu golongan. Jika golongan
I maka gaji 350000, jika golongan II maka gaji 500000, jika golongan III maka
gaji 750000 dan jika golongan IV maka gaji 900000.
Untuk
keperluan tersebut rancanglah form yang terdiri dari 3 kontrol label, 1 kontrol
combo box dan 2 kontrol text box. Aturlah properti yang sesuai.
Ø Untuk form yang perlu
diatur adalah properties Name dan Caption
Ø Untuk Label cukup
mengatur pada properties Caption
Ø Untuk Combo Box atur
pada properties Text (dihapus). Sedangkan untuk mengisi pilihan diisikan pada
properties List dengan cara :
a) Klik kontrol Combo Box
b) Klik pada properties
List
c)
Ketik
pilihan yang ingin ditampilkan
d) Ulangi langkah b dan c
untuk memasukkan pilihan berikutnya
-
Untuk
text box cukup mengatur pada properties Text (dihapus)
Perlu
diperhatikan bahwa ketetapan didasarkan pada pilihan golongan, maka untuk kode
program akan ditulis pada event combobox. Karena bersifat pengujian, maka
fungsi yang digunakan dalam pemrograman adalah fungsi IF.. THEN..END IF.
![]() |
Gambar
4.4 : Rancangan Form Contoh 2
Setelah
rancangan di atas selesai, maka saatnya untuk menulis kode program.
Klik
dua kali pada Combobox lalu tulis kode sebagai berikut :
If
Combo1.Text = "IV" Then
Text2.Text = 900000
ElseIf
Combo1.Text = "III" Then
Text2.Text = 750000
ElseIf
Combo1.Text = "II" Then
Text2.Text = 500000
ElseIf
Combo1.Text = "I" Then
Text2.Text = 350000
End
If
Selengkapnya
lihat editor kode program di bawah ini
![]() |
Gambar
4.5 : Kode Program Form Contoh 2
Saat
program dijalankan, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
![]() |
Gambar
4.6 : Saat Program Contoh 2 Dijalankan
C.
Penggunaan kontrol label, timer dan image
Kasus
: pada form diinginkan ada tampilan jam, tampilan objek yang bergerak dari
kanan ke kiri, dari bawah ke ats, dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
Untuk
keperluan tersebut rancanglah form yang terdiri
-
Untuk
menampilkan jam gunakan satu label dan satu timer
-
Untuk
menampilkan objek bergerak dari bawah ke atas dan dari kanan ke kiri gunakan
label dan timer
-
Untuk
menampilkan objek bergerak dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan gunakan
image dan timer
![]() |
Gambar
4.7 : Rancangan Form Contoh 3
Keterangan
:
-
Untuk
label1 properties yang dirubah pada contoh di atas adalah caption (tidak
dirubahpun juga tidak apa-apa). Untuk Timer1 yang dirubah adalah properties
Interval. Nilai defaultnya adalah 0. Karena fungsi timer1 untuk menampilkan jam,
maka nilai Interval diruah menjadi 1000. Angka 1000 ditetapkan dengan
perhitungan bahwa nilai 1 detik adalah 1/1000 interval. Dengan demikian supaya
perubahan terjadi setiap 1 detikan maka nilai interval dikali 1000 sehingga
akan menjadi 1000/1000 = 1
-
Untuk
Timer 2 sampai Timer5 nilai Interval-nya diberikan kurang dari 1000 supaya
pergerakan objek lebih cepat. Pada contoh di atas nilai interval yabg diberikan
adalah 100.
-
Untuk
Image1 dan Image 2 properties yang dirubah adalah Stretch menjadi True supaya
ukuran gambar mengikuti ukuran bingkai image yang dibuat. Selain itu yang perlu
diatur properties-nya adalah Picture untuk menampilkan gambar (sebaiknya gambar
yang akan dipakai berada pada directory yang sama dengan project).
Setelah
selesai membuat rancangan form seperti di atas, maka langkah berikutnya menulis
kode program. Karena program berhubungan dengan jam dan gerak maka kode program
ditulis pada event timer.
a) Kode untuk menampilkan
jam
Klik
dua kali pada kontrol Timer1 lalu tulis kode berikut ini :
If Label1.Caption <> Time() Then
Label1.Caption = Time()
End
If
b) Kode untuk objek
bergerak kanan ke kiri
Klik
dua kali pada kontrol Timer2 lalu tulis kode berikut ini :
If Label2.Left > 0 Then
Label2.Left = Label2.Left - 30
Else
Label2.Left = 7500
End
If
c)
Kode
untuk objek bergerak bawah ke atas
Klik
dua kali pada kontrol Timer3 lalu tulis kode berikut ini :
If Label3.Top > 0 Then
Label3.Top = Label3.Top - 30
Else
Label3.Top = 6500
End
If
d) Kode untuk objek
bergerak atas ke bawah
Klik
dua kali pada kontrol Timer4 lalu tulis kode berikut ini :
If Image1.Top < 6500 Then
Image1.Top = Image1.Top + 30
Else
Image1.Top = 0
End
If
e) Kode untuk objek
bergerak kiri ke kanan
Klik
dua kali pada kontrol Timer5 lalu tulis kode berikut ini :
If Image2.Left < 7500 Then
Image2.Left = Image2.Left + 30
Else
Image2.Left = 0
End
If
Catatan :
Sebenarnya
untuk objek bergerak kanan ke kiri dan objek bergerak kiri ke kanan dapat
disatukan, sehingga tidak terlalu banyak kontrol Timer yang digunakan. Begitu
juga untuk objek bergerak bawah ke atas dan objek bergerak atas ke bawah.
Silahkan Anda mencobanya.
Nilai
pengujian 7500 untuk left dari objek diasumsikan bahwa lebar form (proerties
width) kecil atau sama dengan 7500
Nilai
pengujian 6500 untuk top dari objek diasumsikan bahwa tinggi form (proerties
heigh) kecil atau sama dengan 6500
Pengurangan
atau penambahan dengan nilai 30 disesuaikan dengan kecepatan yang diingin.
Semakin besar semakin cepat pergerakan objek.
Saat
program dijalankan, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
Gambar
25 : Saat Program Contoh 3 Dijalankan
D.
Penggunaan kontrol label, text box, frame dan option
Kasus
: Pada form diinginkan ada proses perhitungan (penambahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian). Proses perhitungan dilakukan terhadap data yang ada
pada text1 dan text2 dan hasilnya ditampilkan pada text3. Perhitungan dilakukan
saat memilih masing-masing proses yang diinginkan.
Untuk
keperluan tersebut rancanglah form yang terdiri
-
Tiga
kontrol text box
-
Dua
kontrol label
-
Satu
kontrol frame
-
Empat
kontrol Option
|
|
|||||
![]() |
Gambar
26 : Rancangan Form Contoh 4
Keterangan
:
-
Untuk
kontrol text1, text2 dan text3 properties yang diatur adalah properties Text
(dihilangkan atau dihapus)
-
Untuk
kontrol label1 tidak ada perubahan
-
Untuk
label2 yang dirubah adalah properties Caption diketik =
-
Untuk
kontrol Frame yang dirubah adalah properties Caption : diketik Pilihan
-
Untuk
kontrol option1, option2, option3 dan option4 yang dirubah adalah properties
Caption : maing-masing diketik Tambah, Kurang, Kali dan Bagi
Setelah
selesai membuat rancangan form seperti di atas, maka langkah berikutnya menulis
kode program. Karena program diinginkan melakukan perhitungan saat terjadi
pemilihan proses yang pilihan, maka kode program ditulis pada event option
(untuk semua option).
a) Kode untuk proses
penambahan
Klik
dua kali pada Option1, lalu tulis kode sebagai berikut :
If Option1.Value = True Then
Label1.Caption = "+"
Text3.Text = Val(Text1.Text) + Val(Text2.Text)
End
If
b) Kode untuk proses
pengurangan
If
Option2.Value = True Then
Label1.Caption = "-"
Text3.Text = Val(Text1.Text) -
Val(Text2.Text)
End
If
c) Kode untuk proses
perkalian
If
Option3.Value = True Then
Label1.Caption = "X"
Text3.Text = Val(Text1.Text) *
Val(Text2.Text)
End
If
d) Kode untuk proses
pembagian
If
Option4.Value = True Then
Label1.Caption = "/"
Text3.Text = Val(Text1.Text) /
Val(Text2.Text)
End
If
Catatan
: fungsi val() digunakan adalah untuk menjadikan nilai data yang ada pada text
dari karakter menjadi numerik (secara default nilai data text adalah karakter)
Saat
program dijalankan, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
![]() |
![]() |
|||
![]() |
![]() |
|||
Gambar
2.10 : Saat Program Contoh 4 Dijalankan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar